Sunday 20 November 2011

place CoZy

place CoZy


WGC: Krisis Zona Eropa Masih Topang Emas Di Jangka Menengah

Posted: 20 Nov 2011 07:17 AM PST

WGC: Krisis Zona Eropa Masih Topang Emas Di Jangka MenengahMonexnews (Kamis, 17 November 2011 22:54 WIB)
World Gold Council telah melaporkan trend permintaan Emas selama Q3 yang menunjukkan kenaikan sebesar 6% yoy menjadi 1,053.0 ton atau setara dengan $57.5 milyar. Permintaan investasi Emas masih akan menjadi penggerak market Emas seiring para investor di belahan dunia berupaya melakukan diversifikasi dan mengharapkan pengembalian yang tinggi.
Direktur Investasi WGC, Marcus Grubb mengatakan permintaan masih solid terutama dari bank Sentral di Eropa, dimana trend permintaan diperkirakan masih kuat hingga 2012.
Meskipun akhirnya ada solusi untuk mengatasi krisis utang Eropa, tindakan yang mungkin diambil adalah program quantitative easing yang pada akhirnya dapat memicu kenaikan inflasi, dan faktor ini masih dapat menopang kenaikan harga Emas, ujar Marcus.
Penurunan Emas dari level $1920 per troy ons ke level sekitar $1550, dan berbalik lagi ke area $1744 sejauh ini ditopang oleh pembelian Bank Sentral dari berbagai negara. Berdasarkan hal ini, menurut Marcus pengulangan pergerakan Emas seperti di tahun 1980, dimana terjadi penurunan Emas yang tajam setelah mencapai titik tertingginya masih kecil kemungkinan terjadi disebabkan oleh situasi yang sudah berbeda.

Pada tahun 1980an, terdapat net sell Emas oleh Bank Sentral dimana Gordon Brown sempat menjual 60% cadangan Emas hingga akhir 2002, sedangkan saat ini Bank Sentral terindikasi melakukan net buy Emas hingga 350 ton, yang sekaligus merupakan rekor pembelian yang baru.
Bank Sentral yang banyak melakukan pembelian Emas terutama dari negara yang memiliki kondisi fiskal dan surplus perdagangan yang tinggi, seperti Russia, China dan Amerika Latin.

Sumber : Monexnews

No comments:

Post a Comment