Thursday 22 September 2011

Ratih Riesafitri

Ratih Riesafitri


Cerita Rakyat Melayu Riau Anyang dan Raja Ikan

Posted: 21 Sep 2011 11:15 PM PDT

Cerita rakyat dari Riau adalah salah satu cerita rakyat Indonesia tentang seorang anak yang mencari ibunya. Cerita rakyat ini banyak memberi pengajaran kepada anak-anak untuk tetap sayang kepada orang tua. Cerita ini juga berpesan agar kita selalu menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Oleh karena itu cerita rakyat dari Riau ini termasuk salah satu yang cukup populer di daerah Riau selain cerita Lancang Kuning, Batang Tuaka, Batu Betangkup dan cerita melayu lainnya. Cerita rakyat kali ini berjudul Anyang dan Raja Ikan. Marilah kita simak bersama salah satu cerita rakyat Indonesia dari daerah Riau ini.
Sungai Siak adalah sungai terdalam di daerah Riau, bahkan menjadi sungai terdalam di Indonesia. Airnya yang tenang menandakan sungai ini sangat dalam ada berbagai mahluk hidup yang bergantung kepada Sungai Siak. Manusiapun banyak mengambil hasil berupa ikan yang hidup di dalam Sungai Siak. Pagi itu saat matahari mulai naik dari Timur ada seorang anak lelaki kecil bernama Anyang. Setiap hari Anyang selalu mengayuh sampanya dari hulu hingga jauh ke hilir sungai. Sambil mengayuh sampan Anyang selalu menyanyikan lagu dan sajak yang menyayat hati. Sajak kesedihan ini di dengar oleh penduduk sekitar Sungai Siak. Raja Ikan yang hidup di dalam Sungai Siak pun mendengar nyanyian dan sajak sedih yang selalu dilantunkan oleh Anyang. Mendengar nyanyian yang begitu sedih menyebabkan raja ikan bermaksud untuk menolong Anyang. Kemudian raja ikan berenang ke permukaan sungai dan bertemu dengan Anyang. Kemudian raja ikan bertanya apakah gerangan yang menyebabkan Anyang selalu melantunkan lagu dan sajak yang sedih. Anyang berkata bahwa dia sedang mencari ibunya yang hilang di Sungai Siak. Anyang sangat rindu pada ibunya sehingga setiap hari dia menyusuri Sungai Siak untuk mencari ibunya. Mendengar hal ini raja ikan ikut sedih sebab raja ikan tau bahwa ibunya sudah tiada. Ibu Anyang telah meninggal di bawa arus Sungai Siak. Namun raja ikan tidak sampai hati memberitahu berita duka ini kepada Anyang.

Sebagai gantinya raja ikan mengatakan kepada Anyang bahwa raja ikan akan bersahabat dengan Anyang. Tidak hanya raja ikan tapi juga semua ikan yang tinggal di Sungai Siak. Raja ikan lalu memberikan tongkat kepada Anyang untuk memanggil raja ikan. Anyang hanya perlu memukulkan tongkat ke permukaan sungai nanti raja ikan akan datang bersama seluruh ikan yang ada di Sungai Siak. Anyang sangat gembira dan berterima kasih kepada raja ikan.

Hari berganti hari Anyang tetap dengan kegiatannya menyusuri sungai sambil menyanyikan lagu sedih yang menyayat hati. Seluruh penduduk telah mengenal Anyang, seorang anak kecil yang mencari ibunya di Sungai Siak. Sebenarnya penduduk sudah tau bahwa ibu Anyang sudah meninggal, namun tidak satupun dari mereka yang tega memberitahu kabar duka itu kepada Anyang. Sehingga penduduk kampung hanya membiarkan Anyang terus mencari ibunya.

Suatu hari kabar tentang Anyang sampai ke telinga Batin Perawang, pemimpin kampung sekitar Sungai Siak. Batin Perawang lalu memanggil Anyang dan menanyakan kenapa Anyang selalu bernyanyi dan melantunkan sajak yang sedih. Anyang berkata bahwa dia sedang mencari ibunya yang hilang di Sungai Siak. Batin Perawang memberitahukan pada Anyang bahwa ibunya telah lama meninggal dunia di bawa arus sungai. Mendengar berita tersebut Anyang menjadi sangat sedih, lalu Batin Perawang bermaksud untuk menolong Anyang. Batin Perawang kemudian menjadikan Anyang sebagai anak asuhnya. Sebab Batin Perawang memang tidak memiliki anak. Anyang pun boleh menganggap istri Batin Perawang sebagai ibunya sendiri. Akhirnya Anyang tinggal bersama keluarga Batin Perawang. Selama tinggal dengan mereka Anyang banyak belajar tentang ilmu pengetahuan.

Pada suatu hari kampung Sungai Siak di serang oleh perompak yang sangat kejam. Jumlah mereka yang banyak menyebabkan Batin Perawang kewalahan dan terpaksa mengungsi bersama keluarganya ke seberang sungai. Anyang yang kala itu sudah menjadi pemuda yang gagah segera mengatur strategi untuk mengalahkan perompak yang kejam itu. Dia memancing perompak untuk membawa kapal mereka ke Sungai Siak. Sesampainya di tengah Sungai Siak, Anyang lalu memukulkan tongkat pemberian raja ikan. Dalam sekejap saja beribu-ribu ikan keluar dari dalam Sungai Siak. Anyang meminta tolong pada raja ikan untuk menghadang perompang tersebut. Raja ikan bersama beribu-ribu ikan lainnya lalu menyerang perompak yang jahat itu. Ada ikan yang menggigit, ada yang melukai dengan siripnya dan adapula yang melubangi kapal sehingga kapal perompak itu akhirnya tenggelam ke dasar Sungai Siak.

Kehebatan Anyang yang berhasil mengalahkan perompak terdengar hingga ke kerajaan Siak. Ketika Batin Perawang mangkat raja Siak mengangkat Anyang menjadi pemimpin di kampung Sungai Siak. Anyang menerima perintah tersebut dengan penuh suka cita. Dan Anyang memerintah kampung Sungai Siak dengan adil. Dia pun tetap berteman dengan raja ikan dan berjanji pada raja ikan untuk tetap menjaga kelestarian ikan di Sungai Siak dari orang-orang yang serakah.

Selanjutnya dapat membaca cerita lainnya dengan mengklik link dibawah ini :
Cerita Rakyat Indonesia

Begitulah kisah Anyang dan ikan yang merupakan cerita rakyat dari daerah Melayu Riau dan termasuk cerita rakyat Indonesia yang cukup terkenal hingga saat ini.

Berita Terkini @2011

pay per click advertising


RRiesafitri.com
Budayakan berbagi cerita…


5 Bank Palin TUa di dunia

Posted: 21 Sep 2011 09:51 PM PDT

Bank of New York (sekarang Bank of New York Mellon)
New York, New York (Didirikan 1784)

Ini dimulai dengan siaran pers di New York paket, mengumumkan rencana untuk membentuk New York bank pertama pada tahun 1784. Alexander Hamilton, seorang pengacara dihormati pada waktu itu, merancang konstitusi bank dan memimpin Bank of New York melalui pembentukan dan awal tahun. Delapan tahun kemudian, itu adalah perusahaan pertama yang akan diperdagangkan secara publik ketika New York Stock Exchange dibuka pada tahun 1792. Ada juga yang berlimpah sejarah di balik Mellon Financial Corporation dating kembali ke Revolusi Industri, yang bergabung dengan Bank di New York pada tahun 2007 menjadi Bank of New York Mellon. Hari ini, itu adalah bank tertua di Amerika Serikat, dan mereka mendapatkan untuk memiliki Satu Wall Street sebagai alamat mereka untuk membuktikannya.

Bank of Scotland (sekarang Halifax Bank of Scotland)
Edinburgh, Skotlandia (Didirikan 1695)

Walaupun konsep mata uang dan catatan bank tidak selalu baru bagi Skotlandia pada abad ke-17, Bank of Scotland adalah yang pertama untuk mencetak mata uang kertas sendiri. Lebih jauh lagi, itu adalah unik dalam arti bahwa ia didirikan untuk membantu bisnis, sedangkan Bank of England, yang didirikan satu tahun sebelumnya, ada terutama untuk membiayai belanja pertahanan pemerintah. Awal, itu menghadapi persaingan sengit dari Royal Bank of Scotland, dan dalam satu kasus, RBS (yang “baru” bank) mulai penimbunan catatan bank yang dikeluarkan oleh Bank of Scotland (Lama Bank) dalam rangka untuk menghadirkan mereka sekaligus, memaksa Bank of Scotland tua untuk memanggil mereka dan berhenti pembayaran pinjaman selama enam bulan.Ini tidak tenggelam mereka meskipun, dan tahan lama bank ini tetap sebagai satu-satunya lembaga komersial yang ada dibuat oleh Parlemen Skotlandia. Bank of Scotland bergabung dengan Bank Halifax menjadi HBOS pada tahun 2001.

C. Hoare & Co
London, Inggris (Didirikan 1672)


Sebelum berjumlah jalan modern, tanda-tanda yang digunakan orang untuk mencari sebuah toko, dan Sir Richard Hoare tidak bisa memilih simbol yang jauh lebih baik daripada Sign Emas Botol, seperti botol emas merupakan tanda mewah dan kekayaan yang biasa digunakan oleh pandai emas yang prekursor untuk membentuk sistem perbankan yang lebih modern dan mata uang kertas. Untuk diperhatikan adalah kenyataan bahwa bangunan mereka dievakuasi selama Perang Dunia II dan diselamatkan dari api oleh beberapa karyawan berani. Selain itu, bank masih sepenuhnya milik keluarga dan dikelola oleh keturunan langsung dari Sir Richard Hoare.

Berenberg Bank
Hamburg, Jerman (Didirikan 1590)

Dibentuk pada tahun 1590 oleh Hans dan Paul Berenberg, dua saudara laki-laki yang mengelola sebuah kain perdagangan dan impor / ekspor bisnis, perusahaan ini sangat beruntung bisa tumbuh di masa kemakmuran di Hamburg, Jerman. Kota dengan cepat tumbuh sebagai hub keuangan dan kegiatan perdagangan, dan mereka dapat berkembang bersama dengan anggota lain dari kecil, erat kelompok orang-orang Belanda yang bahkan tidak memiliki hak kewarganegaraan penuh di Hamburg. Berenberg Bank hari ini kantor di seluruh Eropa, dan tetap Jerman bank swasta tertua di hari ini.

Terlama Bank di Dunia: Banca Monte dei Paschi di Siena
Siena, Italia (Didirikan 1472)

Awalnya dibentuk sebagai Monte di Pieta, atau Monte Pio, untuk memberikan pinjaman kepada orang miskin dari amal, ini adalah bank terpanjang di dunia. “Monte,” yang berarti “tumpukan” mengacu pada koleksi uang yang digunakan untuk distribusi amal, dan bank benar-benar berfungsi untuk manfaat ekonomi kota. Salah satu catatan sejarah yang menarik adalah bahwa warga Siena memasang pendapatan dari tanah sebagai jaminan terhadap pinjaman untuk pertanian dan infrastruktur kota, yang menyebabkan hal itu yang dirujuk sebagai Monte dei Paschi di referensi ke tanah. Hari ini berdiri sebagai bank tertua yang ada di dunia sejauh ini, dan tetap menjadi terhormat bank yang memiliki cabang di seluruh Italia.

http://www.gallerydunia.com/2011/09/5-bank-tertua-di-dunia.html

RRiesafitri.com
Share this article!!


Ilmuwan temukan semen transparan

Posted: 21 Sep 2011 09:51 PM PDT

Didesain ramah lingkungan, semen mampu mengurangi kebutuhan cahaya buatan dalam ruangan.

Giampaolo Imbrighi, seorang arsitek asal Italia berhasil menciptakan tipe semen yang inovatif. Bukannya memblokir cahaya, i.light, nama semen buatannya itu, mampu meloloskan cahaya dari luar agar masuk ke gedung.

Didesain agar ramah lingkungan, semen ini mampu mengurangi kebutuhan cahaya buatan di dalam ruangan. Dari jauh, semen tampak seperti membentuk dinding biasa. Akan tetapi, dari dekat, ternyata terlihat bahwa dinding itu terdiri dari slot-slot persegi panjang berukuran 2 sampai 3 milimeter yang dipenuhi oleh getah berbagai warna.

Slot-slot inilah yang memungkinkan cahaya menembus dan membuat semen itu menjadi transparan sekitar 20 persen. Akhirnya, seperti dikutip dari Unthinkable, 12 Januari 2011, seluruh bagian dinding yang menggunakan semen itu menjadi seperti jendela.

Diciptakan oleh arsitek Italia dan diproduksi oleh para peneliti di kelompok Italcementi, bahan ciptaan Imbrighi itu pertama kali diperlihatkan pada publik pada Shanghai World Expo dan digunakan untuk membangun “Pavilion Italia.”

Sekitar 40 persen dari bangunan setinggi 18 meter itu menggunakan material buatan Imbrighi. Secara total, 3.774 panel dan 189 ton produk semen transparan itu digunakan. Saat ini semen itu sedang dalam proses pendaftaran paten. Belum diketahui apakah semen yang bersangkutan akan tersedia secara global.

RRiesafitri.com
Share this article!!


[informasi] SEJARAH SMS VS TWITTER 160 Karakter Sms vs 140 Twitter

Posted: 21 Sep 2011 07:46 PM PDT

www.rriesafitri.com

HISTORI PENCIPTAAN SMS DI HP Sejarah SMS (Short Message Service) vs Twitter 160 Karakter Sms vs 140 Twitter. Pengguna ponsel pasti tahu, kalau satu pesan di SMS terdiri dari 160 karakter. Namun, tak banyak yang mengetahui sejarah, bagaimana awal terciptanya batasan 160 karakter di SMS tersebut. Lihat Kumpulan 1000+ Kata-kata Cinta Rangkaian Kata Bijak Tentang Cinta Romantis Nan Indah dan Status Facebook Valentine Kata Kata Valentine Day Populer di Facebook.

Banyak teori yang menyebut tentang batasan 160 karakter. Namun, teori yang paling umum diketahui adalah batasan 160 karakter ini diciptakan oleh pengembang telekomunikasi dari Deutsche Telekom Jerman, Friedhelm Hillebrand.

Seperti dikutip dari blog Los Angeles Times, pada sebuah malam di tahun 1985, Hillebrand duduk di kamar rumahnya di Bonn sambil terus mengoceh dengan melontarkan sejumlah pernyataan dan pertanyaan. Saat itu, juru ketiknya diminta untuk mengetik setiap kata yang diucapkan Hillebrand.

Selesai mengoceh, Hillebrand kemudian menghitung huruf, angka, jeda huruf, tanda baca, serta spasi di tiap halaman yang ada. Ternyata, ketika itu Hillebrand menemukan, hampir setiap ocehan yang terdiri dari satu atau dua baris hampir terdiri dari 160 karakter.

“Ini sangat tepat,” kata Hillebrand, yang saat itu berusia 45 tahun.

Saat itu, pakar telekomunikasi memang sedang mengembangkan untuk membuat standar adanya sebuah teknologi yang memungkinkan ponsel untuk mengirim dan menayangkan pesan tulisan.

Ide 160 karakter kemudian dicetuskan oleh Hillebrand bersama rekannya, Bernard Ghillebaert dari France Telecom, dalam pertemuan kelompok pengembang GSM di tahun 1985. Ide kedua orang itu kemudian menjadi semakin berkembang dan menjadi standar jumlah karakter dalam sebuah SMS.

Sebelum memulai penghitungan karakter itu, Hillebrand sendiri pernah berdebat dengan salah seorang teman mengenai manfaat pesan teks dalam komunikasi. “Teman saya menyebut itu tidak mungkin digunakan secara massal, tapi saya optimis,” ucap Hillebrand.

Optimisme Hillebrand ternyata terbukti. Mungkin, saat ini pesan teks melalui SMS lebih banyak digunakan ketimbang telepon. Hillebrand pun tak pernah berpikir bahwa temuannya kini banyak digunakan anak muda di seluruh dunia untuk memutuskan pacarnya.

Namun, Hillebrand tidak memperoleh keuntungan finansial dari karya yang diciptakannya. Karena tak ada royalti dalam penciptaan sms. Jika dalam tiap SMS Hillbrand memperoleh uang, dia berpikir, “Itu tentu akan menyenangkan,” tutur Hillebrand.

Namun, 160 karakter yang diciptakan Hillebrand ini kemudian semakin populer. Popularitasnya menjadi semakin terasa berkat seorang anak muda bernama Jack Dorsey yang menciptakan jejaring sosial bernama Twitter.

Twitter kemudian mengadaptasi karya Hillebrand ini menjadi 140 karakter untuk tiap tweet. Jack Dorsey tampaknya memahami ‘jasa’ Hillebrand. Dalam sebuah tweet, Jack Dorsey memasang link mengenai sejarah SMS yang merupakan jasa dari Hillebrand. Dalam tweet yang ada link tentang sejarah SMS itu, Dorsey mengakui pengaruh ciptaan Hillebrand dalam pembatasan 140 karakter di Twitter.

“Why text messages are limited to 160 characters (which influenced Twitter’s 140),” tulis Dorsey dalam tweet-nya. vivanews.com

Sejarah SMS, Singkatan SMS, Short Message Service, SMS vs Twitter, Jumlah Karakter SMS vs Twitter, Twitter, SMS, SMS Kata Cinta


all articles posted are the responsibility of sources cited
SEJARAH SMS VS TWITTER 160 Karakter Sms vs 140 Twitter by ratih riesafitri on Wed, 21 Sep 2011 19:11:34 -0700
Budayakan berbagi artikel untuk sahabat anda.. :)


Koneksi 4G sudah bisa dinikmati di Indonesia

Posted: 21 Sep 2011 07:31 PM PDT

Lagi-lagi ketika saya sedang asik surfing ria di internet, kembali saya menemukan informasi teknologi yang bisa dibilang sangat canggih, mengapa? Ya karena ini adalah mengenai teknologi internet terbaru yaitu 4G! Mungkin selama ini anda menyalurkan kepuasan anda berinternet ria dengan menggunakan layanan 3G atau 3.5G.

Memang layanan 3G ataupun 3.5G ini bisa dibilang cukup cepat dan nyaman untuk digunakan berinternet apalagi hanya menggunakan ponsel anda. Namun sering kali karena semakin banyaknya pengguna layanan ini membuat koneksi internet naik turun atau tidak stabil, seolah-olah anda harus rebutan demi mendapatkan bandwidth ber internet yang nyaman… sangat menjngkelkan juga bukan?

Nah, tapi kini anda tidak perlu khawatir karena akhirnya teknologi 4G ini sudah hadir dan bisa dinikmati di Indonesia. Setelah menyelenggarakan ujicoba layanan gratis dan meluncurkan produk layanan berbayar; Sitra Operator 4G WiMAX Broadband Internet pertama Indonesia memenuhi janjinya untuk menghadirkan koneksi 4G WiMAX yang handal. Sitra ini menawarkan produk dan layanan inovatif dan berkualitas demi kenyamanan dan pengalaman online yang memuaskan bagi pengguna Internet Broadband di Jabodetabek.

Jika anda bertanya berapa harganya, maka berikut adalah paket komersial yang dirilis oleh Sitra dan nampaknya ini patut untuk anda coba :

>> Biaya Berlangganan Rp. 299.000 (Sudah termasuk Modem)
>> Kecepatan Max 3Mbps dengan Kecepatan konsisten di 1,5Mbps

(Wow! Biasanya penyedia layanan data lainnya hanya berani menawarkan kecepatan maksimal tanpa berani menyebut berapa kecepatan rata-rata yang pengguna dapatkan, Sitra memilih untuk terbuka dengan memberikan kecepatan konsisten bagi pelanggannya, dimana masih sangat-sangat cepat!)

>> Kuota 50GB (Inilah quota terbesar yang ada di pasar selama ini, cukup untuk mendownload 17.000 file Mp3 dengan kisaran download 30 detik untuk setiap file nya, benar-benar hebat bukan?)
>> 14 Hari jaminan uang kembali (Mungkin inilah satu-satunya operator data yang memberlakukan jaminan uang kembali, dimana lagi coba??)

Sitra adalah layanan 4G WiMAX Broadband yang beroperasi pada frekuensi 2.3 GHz di wilayah Jabodetabek , Propinsi Banten, Sumatera Utara dan Aceh. Layanan Sitra sekarang ini bisa dinikmati di beberapa area seperti Kebon Jeruk, Karawaci, Serpong, Bintaro, dan Puri Kembangan. Dan saat ini Sitra membuka booth di Hypermart Karawaci dan Puri Indah, Carrefour Puri Indah, WTC Matahari Serpong, Giant Bintaro Sek. 8 dan LOTTEMART Serpong untuk para pelanggan yang ingin melakukan uji coba ataupun berlangganan.

Dengan mudah, Sitra dapat didapatkan di gerai Welcomm Shop, Golden Shop, dan juga dapat berlangganan melalui http://registration.sitrawimax.com/servlet/CAP atau Informasi lebih lengkap tentang coverage Sitra bisa dilihat di http://registration.sitrawimax.com/servlet/CheckCoverage

Wah semoga layanan ini juga segera bisa dinikmati dikota-kota lainnya seperti Surabaya / Sidoarjo.. soalnya saya dari situ.. hahaha.. kalo dilihat-lihat mungkin layanan ini akan sama populernya dengan EVDO atau mungkin jauh lebih baik :)

Sumber : http://blog.lintasberita.com/?p=449

RRiesafitri.com
Share this article!!


Mengenal Sekilas Kehidupan Suku Dayak Punan (Suku Primitif Asal Kalimantan)

Posted: 21 Sep 2011 07:31 PM PDT

Punan adalah salah satu rumpun suku Dayak yang terdapat di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Dayak Punan juga tersebar di Sabah dan Serawak, Malaysia Timur yang menjadi bagian dari Pulau Kalimantan.

Populasinya paling banyak ditemukan di Kalimantan Timur diperkirakan berjumlah 8.956 jiwa suku Punan yang tersebar pada 77 lokasi pemukiman.

Punan sendiri memiliki 14 sub rumpun diantaranya Punan Hovongan, Punan Uheng Kereho dan Punan Kelay. Dihitung dari populasi keberadaan Dayak Punan ini kian tahun kian menurun bahkan cendrung punah.

Tetapi walau demikian mereka tetap saja tak pula berubah dengan pola adat istiadad dari leluhur mereka yang dipercayai.

Asal Usul

Dalam riwayat atau cerita, leluhur mereka ini asal-usulnya datang dari negeri yang bernama "Yunan " sebuah daerah dari daratan Cina.

Mereka berasal dari keluarga salah satu kerajaan Cina yang kalah berperang yang kemudian lari bersama perahu-perahu, sehingga sampai ke tanah Pulau Kalimantan. Karena merasa aman, mereka lalu menetap di daratan tersebut.

Suku Primitif
Dari keseluruhan Suku Dayak, orang Punan inilah yang paling terbelakang baik budaya maupun kehidupan mereka. Secara umum mereka ini agak primitif dengan tinggal di goa-goa, anak-anak sungai dan lain sebagainya.

Mereka juga tak mengenal pakaian bagus dan kemajuan zaman. Lebih aneh lagi dari kehidupan masyarakat Punan ini adalah secara umum mereka merasa takut dan alergi terhadap Sabun. Entah apa sebabnya tak ada yang mengetahui secara pasti.

Keadaan hidup primitif ini membawa mereka selalu berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lainnya dan terus menghindar dari kelompok manusia lain. Dalam kepercayaan mereka para leluhur lah yang menghendaki demikian.

Ada banyak tanda yang diberikan semisal ada diantara mereka yang meninggal. Setelah dikubur, serentak mereka berpindah menuju daerah lain.

Mereka sangat percaya kalau roh yang meninggal akan bergentayangan membuat mereka tak akan merasa tenteram. Warga Punan ini disebut juga warga pengembara dan hidup dalam satu kelompok tanpa berpisah-pisah.

Mereka juga senang dengan makanan yang masih mentah seperti sayur-sayuran hutan yang berasal dari pohon nibung atau banding (teras dala). Begitu pula dengan daun pakis, atau labu hutan yang memang tersedia banyak di hutan.

Soal beras tak terlalu perlu bagi mereka. Makanan utama mereka adalah umbi dan umbut-umbutan hutan, ditambah dengan daging buruan yang mereka temukan.

Untuk daging ini pun jarang mereka masak. Jika ada binatang buruan yang didapat mereka lebih suka menjemur daging-daging tersebut di matahari panas sehingga menjadi daging asin atau dendeng.

Memiliki Kesaktian
Punan dipercaya sebagai orang gaib, manusia perkasa di hutan rimba. Mereka bisa menghilangkan diri hanya dengan berlindung di balik sehelai daun. Jejaknya sulit diikuti. Mereka berjalan miring dan sangat cepat. Tubuh mereka ringan karena tidak makan garam.

Orang Punan sangat ditakuti oleh suku lainnya karena merupakan suku yang berani dan berilmu tinggi. Mereka memiliki kelebihan insting dalam berburu dengan kecepatan luar biasa.

Selain kecepatan, suku Punan juga dianugerahi kekuatan fisik yang luar biasa, seorang perempuan saja bahkan dapat mengangkat motor perahu berkekuatan 40 PK dengan mudahnya. Padahal biasanya dibutuhkan dua orang pria untuk mengangkat benda berat tersebut.

Mungkin kekuatan tubuh yang di atas rata-rata mereka dapatkan dari tempaan alam. Orang-orang Punan ini juga memiliki kelebihan dengan penciuman mereka. Mereka tahu ada sesuatu melalui arah bertiupnya angin.

Hebatnya mereka bisa membedakan bau manusia, dan binatang-binatang dengan jarak yang cukup jauh. Walaupun dalam kondisi apapun mereka tahu kalau bau binatang atau manusia yang tercium membahayakan mereka.

Hebat Dalam Berperang
Konon, orang Punan jaman dahulu sangat ditakuti oleh suku Dayak lainnya karena mampu berperang dengan baik. Sebagai "pemburu kepala" atau "ngayau" (dalam bahasa Inggris diistilahkan head hunter).

Termasuk dalam kategori suku kanibal karena mempunyai kebiasaan memenggal, memakan hati dan isi perut lawannya adalah hal yang lumrah mereka lakukan.

Mereka juga punya kebiasaan memakan bagian punggung kanan musuhnya yang tewas dalam perang karena bagian tubuh itulah yang diyakini paling enak dimakan.

Dalam keseharian mereka selalu waspada dan siap berkelahi dengan siapapun, termasuk binatang-binatang ganas di dalam hutan. Tradisi siap tempur ini diwarisi semenjak nenek moyang mereka sebagaimana diceritakan di atas tadi.

Mereka memiliki ilmu bela diri yang sangat tangguh dan berbeda dengan ilmu bela diri secara umum yang ada di masyarakat. Mungkin ilmu bela diri yang mereka miliki adalah ilmu yang mereka bawa dari daratan Cina, asal-usul leluhur mereka.

Tertutup Dengan Dunia Luar
Suku yang satu ini sulit berkomunikasi dengan masyarakat umum. Kebanyakan mereka tinggal di hutan-hutan lebat, di dalam goa-goa batu dan pegunungan yang sulit dijangkau.

Sebenarnya hal tersebut bukanlah kesalahan mereka. Namun karena budaya pantangan leluhur yang tak berani mereka langgar terjadilah keadaan demikian.

Mungkin akibat trauma peperangan, mereka takut bertemu dengan kelompok masyarakat manapun. Mereka kuatir pembantaian dan peperangan terulang kembali sehingga mereka bisa habis atau punah tak bersisa.

Karena itulah oleh para leluhur mereka memberlakukan pelarangan dan pantangan bertemu dengan orang yang bukan dari kalangan mereka.

Aktivitas Seks
Bagi Punan yang tinggal di dalam goa-goa, kebanyakan tak mengenal suami atau isteri. Secara umum jika mereka mau bergaul tergantung dari kesepakatan atau suka sama suka.

Dalam keseharian jika ada di antara wanita dan pria yang saling suka, mereka melakukan hubungan intim di dalam hutan. Jadi bagi mereka tak ada istilah cemburu atau rasa memiliki sendiri.

Jika ada yang hamil kemudian melahirkan, maka anak tersebut adalah anak bersama mereka. Di mana mereka saling sayang menyayangi dan saling merawat satu dan lainnya.

Begitu juga dengan tradisi melahirkan, jika ada yang hamil tua dan mau melahirkan wanita tersebut dibawa ke dalam hutan atau tepi sungai untuk melahirkan bayinya.

Aktivitas Ekonomi
Kehidupan dan kerja mereka sehari-hari berdasarkan limpahan kasih dari alam. Memang mereka bisa juga berhubungan dagang dengan masyarakat umum, tetapi tidak ditukar dengan uang namun dilakukan secara barter (pertukaran).

Yang dibawa mereka adalah seperti rotan, damar, kayu gaharu, sarang wallet. Yang dibarter dengan gula, tembakau atau rokok. Dan ada pula kain-kainan.

Cara penukaran barangpun tidak langsung bertemu dengan orangnya, melainkan barang-barang yang dibawa diletakkan di suatu tempat yang tersedia. Setelah barang mereka diambil dan di barter dengan barang yang dibutuhkan mereka.

Setelah yakin pengantar barang sudah tidak ada, maka barulah mereka mengambil barang yang menjadi milik mereka.

Kehidupan Modern Suku Punan
Dayak Berusu, adalah salah satu anak suku Dayak Punan. Tetapi Dayak yang satu ini sudah mengenal kehidupan modern.

Keberadaan mereka banyak di daerah pesisir, yaitu di daerah Sekatak Kabupaten Bulungan, mendiami sekitar 13 desa. Kehidupan mereka sangat berbeda dengan mereka yang masih primitif.

Mereka dalam keseharian senang melakukan pesta memakan daging buruan serta meminum minuman keras buatan mereka sendiri, yang terdiri dari bahan beras ketan dan tetumbuhan.

Acara minum dan pesta tersebut mereka lakukan pada waktu panen terlebih jika ada yang meninggal dunia.

Namun kebebasan bergaul sesama mereka tetap saja tak berubah. Di samping itu mereka juga tak pernah menerima masyarakat lain ke dalam kehidupan keluarga mereka. Walaupun masyarakat lain tersebut adalah orang orang dari Suku Dayak pula.

Foto-foto Suku Dayak Punan Modern

Kegiatan Mencari Ikan


Mandau Tanduk Rusa, Senjata Khas Suku Dayak

Tarian Selamat Datang

Tato Khas Wanita Punan


Bertelinga Panjang
sumber

RRiesafitri.com
Share this article!!


Robot yang Bisa Berenang, Bersepeda bahkan Berlari

Posted: 21 Sep 2011 07:31 PM PDT

Perusahaan batrai Evolta mengembangkan 3 robot Panasonic’s “Evolta”. Robot ini memiliki kemampuan berenang, bersepeda dan berlari.

Robot renang Panasonic ‘Evolta’, menunjukkan keahlian renangnya saat konferensi pers di Tokyo, Kamis (15/9). Reuters/Yuriko Nakao.

Robot Panasonic ‘Evolta’ bersepeda. Reuters/Yuriko Nakao.

Evolta berlari. Reuters/Yuriko Nakao.

Evolta akan melakukan tantangan uji ketahanan dalam ajang Ironman Triathlon di Hawai. Reuters/Yuriko Nakao.

Foto kombinasi Evolta berlari, bersepeda dan berenang. Reuters/Yuriko Nakao.
sumber

RRiesafitri.com
Share this article!!


MANFAAT MAKANAN PEDAS BAGI TUBUH ANDA

Posted: 21 Sep 2011 06:21 PM PDT

Makanan pedas tak selalu diartikan sebagai makanan yang diolah dengan cabai. Rasa pedas juga bisa didapatkan dari merica, lada hitam, kunyit, dan berbagai bumbu dapur lain.

Anda yang menyukai makanan pedas boleh merasa senang, karena rasa pedas ini mempunyai banyak manfaat kesehatan. Misalnya, seperti telah sering disebutkan sebelumnya, makanan pedas bisa menguruskan badan. Namun itu hanya salah satu contohnya saja. Coba lihat manfaat lain yang belum Anda ketahui:

1. Menurunkan berat badan. Siapapun pasti setuju, makanan apapun yang diberi sambal pasti akan lebih menggugah selera. Bila Anda mau, makanan diet Anda pun bisa diberi cocolan sambal. Kalau hal ini bisa membuat Anda tertib menyantap makanan sehat dengan lebih berselera, kenapa tidak? Lagipula, rasa pedas itu bisa meningkatkan metabolisme Anda. Studi menunjukkan bahwa senyawa utama dalam cabai, yaitu kapsaisin, memiliki efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar kalori saat mengunyah selama 20 menit.

2. Menyehatkan jantung. Hasil studi juga menunjukkan, budaya mengonsumsi makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Alasannya, cabai merah bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat, sedangkan kapsaisin bisa melawan peradangan. Keduanya merupakan faktor risiko untuk masalah jantung.

3. Mencegah kanker. Menurut American Association for Cancer Research, kapsaisin juga memiliki kemampuan membunuh beberapa sel kanker dan leukimia. Sedangkan kunyit, yang dijadikan bumbu kari dan mustar, bisa memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor.

“Bumbu ini punya efek yang sama pada tubuh seperti yang dilakukan obat-obatan kanker,” kata Gregory A. Plotnikoff, MD, konsultan senior untuk inovasi perawatan kesehatan di Allina Hospitals and Clinics di Minnesota.

Bila ingin memberikan hasil maksimal, kombinasikan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 persen lebih banyak.

4. Menurunkan tekanan darah. Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi hal ini bisa menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat.

5. Mengurangi stres. Makanan pedas meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa menyenangkan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini membantu mengusir depresi dan stres.

Bagaimana bila Anda tidak menyukai makanan pedas?

Anda masih bisa mendapatkan manfaat kesehatan dengan menambahkan bumbu-bumbu yang mengandung seng ke dalam menu makanan Anda. Misalnya, masukkan jahe yang sudah digeprek di dalam teh. Atau, buat udang dengan bumbu jinten dan ketumbar yang ditumis di dalam kuali. Bisa juga menambahkan taburan bubuk cabai ke dalam kari ayam yang Anda buat.

SUMBER

RRiesafitri.com
Share this article!!


5 Makanan Pencipta Efek Senang

Posted: 21 Sep 2011 06:21 PM PDT

5 Makanan Pencipta Efek Senang
APAKAH Anda merasa secangkir kopi di pagi hari mampu membuat terjaga dan segar? Atau, sebatang cokelat bisa membuat hati Anda senang? Itu bukan hanya perasaan, penelitian di Universitas Ohio mengungkap beberapa makanan yang bisa memengaruhi suasana hati kita. 

Seperti halnya alkohol dan narkoba yang memengaruhi kejiwaan, makanan juga bisa membuat kita merasa bersemangat ataupun tenang. 

Peneliti Gary Wenk, dari Ohio State University and Medical Center sekaligus penulis buku bertajuk, 
Your Brain on Food mengutarakan setiap makanan menstimulasi area berbeda pada otak, melepaskan berbagai zat kimia seperti dopamine dan serotonin. Di sisi lain, kekurangan asam amino bisa menyebabkan depresi. 

Berikut beberapa makanan beserta cara kerja yang ujungnya akan memengaruhi suasana hati kita: 

a. Cokelat 
Melepaskan suatu senyawa kimia yang menimbulkan perasaan gembira disertai sedikit zat mariyuana sehingga tak mengherankan apabila banyak orang suka sekali melahap camilan yang satu ini dalam berbagai variannya. 

b. Kentang 
Makanan ini membuat kita merasa tenang karena melepas glukosa ke dalam darah seperti halnya efek ASI pada bayi. 

c. Kacang, telur, dan susu 
Makanan ini memproduksi asam amino tryptophan yang menghasilkan hormon rasa senang serotonin. Kekurangan kadar tryptophan, kita akan cenderung merasa mudah marah dan depresi. 

d. Saffron, kayu manis, dan adas 
Bumbu-bumbuan ini mengandung zat kimia serupa dengan mescaline. Dalam jumlah banyak, mengonsumsi bumbu ini bahkan bisa menimbulkan perasaan euforia. 

e. Gula 
Gula vital bagi otak dan membatu kita berkonsentrasi serta mempelajari banyak hal baru. Kekurangan gula akan membuat kita selalu lapar.
http://www.mediaindonesia.com
mypotik

RRiesafitri.com
Share this article!!


7 Kiper paling Legendaris di Dunia

Posted: 21 Sep 2011 11:55 AM PDT

www.rriesafitri.com
1. Peter Schmeichel (Denmark)
Peter Schmeichel merupakan kiper terhebat karena karirnya yang sukses dan kemampuannya yang fantastis. Dengan badan tinggi besar, ia membawa Manchester United meraih treble winner pada musim 1997-1998 dan membawa Denmark juara Piala Eropa 1992. Ia pun juga telah mendapat predikat kiper terbaik dunia empat kali pada tahun 1992, 1993, 1997, 1999.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjV-UFEgDfoLVfa8OMR8zJOiKlo4416fstaL6xHVDSEQhmg2GE5i0N6jaUXfLOdoDcQWl3jDnW79mNNyAMlQe8touZ6pRRVl-sXXnP-k0iSIHBQOi_c_bNL8Fj9bIsrNVr_0l_MeH7XxdXe/s1600/3.jpg 

2. José Luis Chilavert (Paraguay)
José Luis Chilavert mungkin adalah kiper profesional yang paling sering membuat gol. Terbukti dengan 67 gol yang sudah dibuatnya selama berkarir menjadi kiper. Pada tahun 1999, ia memecahkan sejarah dengan mencetak hat-trick pertama yang dilakukan oleh kiper. Dia juga telah mendapat gelar kiper terbaik tahhun 1995, 1997, dan 1998. (kiper apa striker nih)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOFPiuLw1ip2YGvtMCNNCjyRN7ft2R0qiLVMYZ1l7Gpiwi63cm8ENkiEBxKZ7suVNC3kizhV1wGDE2U7HB0pc1HM7o8ghxMU8Ays62j2NJA3Qg1Kol-N8lRL_ZfHwTNoDuWMdqtaCQz7Ut/s1600/5.jpg

3. Van Der Sar (Belanda)
Van Der Sar memang salah satu kiper terhebat sepanjang masa. Ia masih bermain sampai umur 40 tahun (musim 2010-2011) untuk membela Manchester United. Bersama Paul Scholes dan Ryan Giggs yang sama-sama sudah tua, mengantarkan MU menjuarai berbagai gelar. Ia menjaga gawangnya dengan tubuh yang tinggi dan tangannya yang panjang.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOL3W6mZMw4j715IrDBI5YLgTH0p45lDKhROWCxyKwF5acrBNneiqrUEXWrDnuXYzK4MEnL0K_FkyT2FnINYmHEbbNRFZsMy-x-ve4iZxMJxvFWs2Jw_WMYElmD0c5xO2CUrgg7wNr7mpi/s1600/6.jpg

4. Claudio Taffarel (Brazil)
Claudio Taffarel dinobatkan sebagai salah satu kiper terbaik sepanjang masa karena banyak gelar yang dipersembahkannya kepada tim nasional Brazil. Dengan membawa Brazil menang piala dunia 1994 dan membawa Brazil ke final pada 1998 (walaupun kalah 3-0 oleh Prancis di final) serta ia juga mengantarkan Brazil juara Copa America pada tahun 1989 dan 1997. Selain itu dia juga memiliki skill yang mumpuni sebagai kiper.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeDKMbXGpjGQI2WfghlYAJ0ObrK7K6OaFLdPfDVzAvzpCeBED0bD_LqvCOSNeCOFXEKRENCCxFVygXMP-_IDhT3ccJf2zH8ogHk0lG8-0UZiu_fOIEKF8-bwnZ1wyH2JMDqA8xktE2dUzo/s1600/7.jpg

5.David Seaman (Inggris)
seorang mantan pemain sepak bola berkebangsaan Inggris. Dia pernah membela klub utamanya seperti Peterborough United, Birmingham City, Queens Park Rangers, Arsenal, dan Manchester City. Ia pensiun karena peristiwa naas yang menimpanya yaitu cedera bahu yang tidak bisa sembuh saat membela Manchester City. Ia mendapat penghargaan the MBE di tahun 1977 atas keberhasilannya menjadi kiper terbaik yang pernah membela klub dan Timnas sepak bola Inggris. Di timnas Inggris, dia bermain 75 kali.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsl84r2bEedvGuXpPKoAouk1z6hLgTg3u66yB7hKBX_gwiYFTB_c_S4LcRy77wzxsSg9bNYdNSHmpbMgIMVwb9m27FLqSiHe8VWIfAdwulgJBx8YG5xrxTRGozCSYXa6NDRTwUiLsuQMQS/s1600/8.jpg
6.Gianluigi Buffon
Kiper yang berpostur 193 Cm ini sering juga di panggil “Superman” karena aksinya di lapangan seperti seorang superman yang terbang untuk menyelamatkan bola-bola yang mengarah ke gawangnya.SuksesItalia di Piala Dunia 2006 di Jerman tak bisa di palingkan dari perannya. sepanjang turnamen itu, the Superman benar-benar menunjukan sebagai Kiper nomor 1 Dunia saat ini karena hanya kebobolan 2 gol, satu gol bunuh diri di semifinal melawan tuan rumah Jerman dan satu gol penalti di final yang di ceploskan oleh Zinedine Zidane. tak salah jika FIFA selaku pihak penyelenggara PD2006 memberikan penghargaan Lev Yashin Award (Penghargaan Untuk Kiper Terbaik di PD).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-egC-Do3ec-ZftbReFEFV2_L9U0UAhpTczBckv1u93xuc_Zvb3Cm2xIsct5Lqs0_7IfzRfRL612zBuHWv_RpFJWpbnav8ABu1dkGercT0AjFjd4OxgVLFp3_putyNMdXcDfHX1wk5WK2Y/s1600/9.jpg

7.Oliver Kahn
penjaga gawang Jerman yang bertinggi badan 188 cm dan 86 kali memperkuat negaranya. Ia bermain untuk negaranya (sejak 1995) dan klub Bayern Munich (sejak 1994) dan 429 kali tampil untuk klub tersebut. Dia berjuluk King Kahn atau Kahn, the Titan karena cara bermain sepak bolanya. a juga berpartisipasi di Euro 1996, Euro 2000, dan Euro 2004 serta di Piala Dunia 1994, Piala Dunia 1998, Piala Dunia 2002 dan Piala Dunia 2006. Pada Piala Dunia 1998 dan Piala Dunia 2006 ia bukan menjadi kiper utama tapi hanya sebagai kiper pilihan kedua skuad negaranya. Oliver Kahn merupakan salah satu legenda terbesar dalam sejarah sepak bola di Jerman dan dunia. Ia merupakan kiper yang sangat tangguh, memiliki daya juang yang tinggi dan kepemimpinan yang tegas. Terbukti ia mampu menyabet gelar kiper terbaik dunia versi IFFHS pada tahun 1999, 2000, dan 2002, serta menjadi kapten di Timnas Jerman (2001-2004) dan Bayern Munich (2002-2008).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEil1tMTXFoYrmuFoz0GGN41nAtX08FIrvVUGwMO3Tcb00xaf_07l0m8xHwald3sQ25OrRrHl5YhzQCIHPnlLBK_8MAQ0uBHViHgPXQcrcBvnqo109C4GvWiHeS0xWGbRVUBFuY5nXcdSbxz/s1600/10.jpg

all articles posted are the responsibility of sources cited
2011 09 21 ,18:55
RRiesafitri.com
Share this article!!


No comments:

Post a Comment